Oleh: Rony Syahputra Nasution | April 8, 2008

Seminar Cara “GILA” Jadi Pengusaha

Sesaat setelah membaca koran harian lokal Cirebon, yang memuat iklan tentang seminar cara gila jadi pengusaha, saya pun segera mendaftarkan diri untuk mengikuti seminar tersebut di TB. Gramedia Grage Mall. Saya tertarik karena kebetulan bulan April ini entah mengapa saya sangat menggebu2 mendapatkan ilmu tentang wirausaha, manajemen ataupun bisnis. Yang membuat ketertarikan saya menjadi kian bertambah adalah statement2 pada iklan tersebut, seperti pengusaha menggunakan otak kanan, pengusaha harus malas, botol, bodol, bobol, dsb.

Akhirnya pada jumat sore, sesuai jadual, seminar akan dilakukan pada jam 16.30 WIB, saya pun berangkat langsung dari tempat saya bekerja, dan pada pukul 16.30 saya pun sudah sampai di tempat seminar….ditemanin hujan rintik-rintik kecil saya pun menuju ruangan seminar dari tempat parkir.  Kemudian saya pun melakukan registrasi ulang pada pihak panitia, lancar2 aja siy, saya pun masuk ruangan seminar, dan fantastik..masih sepi….ada 2 orang termasuk saya hehehe.

Setelah menunggu sekitar 20 menit pihak panitia pun membuka acara seminar, setelah beberapa menit menyampaikan kata pengantar akhirnya panitia menyampaikan bahwa pembicara yang akan mengisi acara tersebut tidak bisa hadir….waaaaah…..kata yang sempat terlintas di hati saya, tapi saya pun tetap membakar semangat saya, toh bagi saya siapa pun pembicara ga penting2 bgt (walaupun saya suka mempelajari gaya-gaya pembicara dalam menyampaikan materinya). Singkat kata panitia kemudian mempersilakan pembicara “pengganti” memasuki ruang seminar.

Akhirnya acarapun dimulai jam 5.30an, dikarenakan ada trouble proyektor. setelah itu ada break jam 6 untuk sholat dan makan2 snack yg disediakan. Jam 6 saya memilih untuk sholat terlebih dahulu. Setelah sholat magrib saya pun bergegas menuju tempat minuman dan snack, alangkah terkejutnya minuman dan snacknya habis tak tersisa, tapi saya mencoba untuk berbesar hati dan tetap sabar, bukankan saya ke sini untuk ilmu bukan minuman ataupun snack. Dan acara pun kembali dimulai sekitar jam 19.00. Singkat kata sampai pada jam 21.30, akhirnya saya pun keluar lebih dahulu sebelum acara secara resmi ditutup (karena perut ini laper bagt hehe).

Dari hasil seminar yang saya ikuti ini, saya sebenarnya rada kecewa, rasa kecewa saya bukan berasal dari pihak panitia, pembicara yang tidak hadir sehingga diganti pembicara lain ataupun karena perut lapar atau tidak kebagian snack pada saat break tadi hehehe. Rasa penyeselan saya yang utama adalah kepada materi yang disampaikan, karena materi yang disampaikan lebih cenderung kepada promosi usaha pembicara dan komunitas mereka yang dinamakan UE (University Entrepreneur), jauh dari harapan saya, bahwa materi yang disampaikan akan berisi cara atau teknis dari statement-statement yang ada di iklan dari seminar ini. Sempat terlintas mengapa saya harus bayar untuk mengikuti seminar ini, harusnya sayalah yang dibayar untuk hadir dalam seminar ini hehehe.

Tapi apapun itu kelebihan atau kekurangan nya, semoga semua menjadi suatu hal yang positif bagi saya untuk menjadi lebih maju dan berhasil dari sekarang. Karena ketidakpuasan saat ini mungkin saja malah menjadi suatu yang membuat kita berhasil di masa depan. Jadi intinya saya tetap bersyukur kepada Allah SWT karena saya bisa mengikuti seminar ini.

 

 

Rony Syahputra N

Cirebon


Berikan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

