Oleh: Rony Syahputra Nasution | Januari 31, 2007

Mengenal SQL

SQL, mungkin bagi yang ”bermain” di dunia komputer pernah mendengar istilah tersebut, tapi sebenarnya apa sih SQL tersebut. Tidak sedikit juga orang yang memandang SQL sama dengan MySQL, SQL Server, PostgreSQL, dan sebagainya. SQL sebenarnya adalah bahasa universal yang digunakan dalam suatu software database. Sedangkan MySQL, SQL Server, PostgreSQL adalah salah satu contoh dari software database. Jadi pada software database, mulai dari Microsoft Access sampai Oracle dan sebagainya kita dapat menggunakan ”bahasa” SQL didalamnya. Berikut tulisan untuk mengenal secara umum tentang SQL.

Structured Query Language (SQL) adalah bahasa standar yang digunakan untuk memanipulasi dan memperoleh data dari sebuah database relational. SQL mula-mula dibuat pada tahun 1970 dengan istilah SEQUEL, standarisasi yang pertama kali dibuat pada tahun 1986 oleh American National Standards Institute (ANSI), melalui publikasi Database Language SQL (ANSI X3. 136 – 1986) dan International Standards Organization (ISO) yang disebut sebagai SQL-86. SQL-86 ini diperbaharui pada tahun 1989 menjadi SQL-89. Standar terakhir yang dibuat dan digunakan hingga saat ini adalah SQL-92 yang dikeluarkan pada tahun 1992.

SQL pertama kali diterapkan pada Sistem R, yaitu sebuah proyek riset pada labotarium riset San Jose, IBM. Namun kini SQL juga dijumpai pada berbagai platform, dari mikrokomputer hingga mainframe. SQL dapat digunakan baik secara berdiri sendiri maupun dilekatkan pada bahasa-bahasa lain seperti COBOL dan C. SQL juga telah menjadi bagian dari sejumlah DBMS, seperti Oracle, Sybase, MySQL dan Informix.

Saat ini, ANSI dan ISO merupakan 2 organisasi yang membuat standarisasi terhadap SQL.

SQL bukanlah satu-satunya bahasa query yang diterapkan pada basis data. QUELL adalah contoh bahasa query yang lain, yang pertama kali diperkenalkan pada sistem basis data Ingress.

SQL membuat pemograman dan seorang database administrator dapat melakukan hal-hal sebagai berikut :

  1. Mengubah struktur sebuah database.
  2. Mengubah pengaturan keamanan sistem.
  3. Memberikan hak akses kepada pengguna untuk mengakses database atau table.
  4. Memperoleh informasi dari database.
  5. Memutakhirkan isi database.

 

Perintah-perintah SQL dikelompokkan menjadi 5 macam :

1. Data Definition Language (DDL)

Data Definition Language (DDL) adalah perintah SQL yang digunakan untuk menjelaskan objek dari database. Dengan kata lain DDL digunakan untuk mendefinisikan kerangka database. Perintahnya antara lain adalah :

a. Create : untuk membuat atau menciptakan objek database.

b. Alter : untuk memodifikasi atau mengubah objek database.

c. Drop : untuk menghapus objek database.

Objek database yang dimaksud adalah terdiri dari database, table, index, view dan sebagainya.

2. Data Manipulation Language (DML)

Data Manipulation Language (DML) adalah perintah yang digunakan untuk mengoperasikan atau memanipulasikan isi database. SQL menyediakan perintah DML, antara lain :

a. Select : digunakan untuk mengambil data dari database.

b. Delete : digunakan untuk menghapus data pada database.

c. Insert : digunakan untuk menambahkan data ke database.

d. Update : digunakan untuk memodifikasi data pada database.

3. Security

Security adalah perintah-perintah yang digunakan untuk menjamin keamanan data. Antara lain terdiri dari :

a. Grant : memberikan akses kepada user tertentu untuk akses ke database.

b. Revoke : digunakan untuk mencabut hak akses dari user.

4. Integrity

Integrity adalah perintah-perintah yang digunakan untuk menjaga kesatuan data. Contohnya recover table : yang digunakan untuk memperbaiki tabel pada database.

5. Auxilliary

Auxilliary adalah perintah-perintah pelengkap atau tambahan seperti : unload dan rename.

 

 

Referensi

1. Abdul Kadir, Konsep & Tuntunan Praktis Basis Data, Yogyakarta, 1999, Andi Offset Yogyakarta.

2. Bunafit Nugroho, Database Relationship dengan MySQL, Yogyakarta, 2005, Andi Offset Yogyakarta.

3. Henky Prihatna, Kiat Praktis Menjadi Webmaster Profesional, Jakarta, 2004, Elex Media Komputindo.


Responses

  1. Salam Kenal…

    Boleh nanya gak OM ?
    SAya pengen selangkah lebih tau ttg SQL, soalnya Saya secara tidak langsung bekerja dengan Database.
    Boleh ya Om?

  2. Tentu saja boleh, sejauh saya bisa…
    kita sama2 belajar aja adik ratna….saya juga masih belajar kok…

    Regards,

  3. Hai….

    Saya juga pengen tahu loh…..

  4. Makasi sebelumnya Om….

    Jadi kapan nih kita main…eh belajar bersama…

    regards,

    ratna cantik

  5. Anda bisa menghubungi saya via email..

    Regards.

  6. Pak/Mas/Bu/Mbak Rony, Saya penggemar baru sql. saya sering ke toko buku untuk mencari tentang fungsi2 dan contoh bahasa sql.tapi sampai sekarang saya belum bisa dpt buku tsb, so saya mo tanya langsung ke Bpk.Boleh khan?
    saya mo nanya gimana caranya mentransfer dr file mdb ke dbf ato dbf ke mdb pake bahasa sql,dg kata lain gimana kalimat “select…”-nya. dan masih banyak lagi masalah saya, kalo bapak punya info ttg tsb tolong kasih info ke saya ya. gimana saya dapat mendptkanya. thanks

  7. Salam kenal buat sigit……saya rasa banyak buku yang membahas tentang SQL….misalnya bukunya bunafit nugroho (walaupun medianya MySQL, toh bahasa tetap SQL) dan seperti juga sangat banyak buku yang membahas SQL, walaupun mungkin judul cover tidak menyatakan tentang SQL (Pemograman Web-Commerce dengan Oracle & ASP – didalam membahas juga tentang SQL yang lumayan mudah untuk dimengerti)

    mengenai transfer, yang sigit maksud mentransfer file ato DATAnya ? dan klo pun transfer data yang dimaksud bahasa SQL yang digunakan menurut saya bukan SELECT, diantaranya bisa digunakan INSERT dsb.

    Regards,

  8. Pak, saya adalah sarjana informatika ( S1 ) , tapi dalam hal pemahaman juga penggunaan data base saya tak mengerti sama sekali. saat ini saya soerang PNS di sekretariat kantor bupati. masalah timbul sekarang, atasan saya memerintahkan saya agar membuat suatu database dalam membangun sistem informasi yang menggunakan sql. bangaimana caranya pak agar saya dapat memahami penggunaan database.
    saya mohon pentunjuk dari Bapak.

  9. Salam kenal Mudi Simanungkalit,

    Menurut saya, anda yang sarjana informatika pasti dah lebih jago, apalagi jika skripsi anda terkait tentang database. Tapi emang tidak sedikit dosen pembimbing dari suatu kampus yang memandang sebelah mata ketika seorang mahasiswa mengambil judul2 yang terkait tentang database misalany Sistem Informasi Manajemen atau sejenis (sehingga ditolak), menurut saya ini sebuah kekeliruan padahal kita bisa lebih memahami tentang bagaimana database itu mulai dari ERD, Normalisasi, RDBMS dsb (biasanya malah pada ngerti pas skripsi hehe).

    Ok kita lupa dulu kata2 diatas, mari kita melangkah ke depan.

    Langkah awal mungkin anda perlu membaca mengenai konsep dari database, bisa diperoleh di internet (coba ke ilmukomputer.com, walaupun materi singkat bisa membantu) atau bisa melalui buku2 yang membahas database. Atau klo boleh tau dimana hal yang membuat anda belum mengerti ?

    Menurut saya database sendiri adalah konsep dari suatu cara menangani data2 yang ada. Dimana kemudian kita mengenal MySQL, Oracle, SQL SERVER, DB2 dsb itu semua menurut saya hanya merupakan tool dalam bentuk perangkat lunak tentunya. Sedangkan SQL merupakan bahasa atau perintah yang ada (digunakan) pada tool-tool tersebut.

    Dari masalah yang anda hadapi, sementara ini saran yang bisa saya berikan adalah :

    1. Karena berhubungan dengan Sistem Informasi, anda harus terlebih dahulu mempelejari dan merancang bagaimana sistem informasi yang akan anda bangun.

    2. Tentang Database, ini memang sangat diperlukan dalam suatu sistem informasi dalam menghimpun data2 yang akan digunakan dalam suatu sistem informasi, jadi anda tinggal menentukan menggunakan “tool” apa, Oracle, SQL Server, MySQL atau yang lainnya ?

    3. Untuk hal menggunakan SQL, menurut saya ini hanya sekedar “option”, kenapa ? karena biasanya “tool-tool” dari database biasanya bisa menggunakan sql ataupun GUI…

    semoga bisa mencerahkan atau buat jadi anda tambah pusing ??? hehehe

    Regards,

  10. Saya seorang mhsi saya lagi buat skripsi tentang Aplikasi WAP ada gak Refrensi mengenai pembahasan Tersebut,
    soalnya saya kekurangan Ref judulnya “Perancangan Aplikasi Sistem Informasi STMIK-DCI berbasis WAP” dan saya masih binggung mengenai penggabungan PHP Dan WMLnya ada solusi ga buat saya,terima kasih.

    By^Asih_Lovemania^

  11. Salam Kenal Asih,

    Mungkin referensi atau toturial mengenai WAP, PHP, WML sangat banyak di internet, bahkan sampe ebook nya.

    Untuk hal penggabungan antara PHP dan WML, sebagai bahan dasar mungkin Asih dapat membaca buku “Aplikasi Mobile Commerce Dengan PHP & MySQL”

    Mungkin klo Asih berdomisili di cirebon saya bisa membagi beberapa ebook dan referensi..(klo lewat email mungkin berat tapi klo mau nyoba silakan)…

    Mungkin sementara itu dulu dari saya semoga sedikit bisa membantu, apabila butuh bantuan, saya bersedia membantu sebatas kemampuan saya hehehe…

    Regards,
    rsn

  12. wah.. udah lama juga nih postingannya..
    untuk e-book mengenai WAP, PHP, WML dengan database mungkin boleh pak di upload ke situs2 file upload
    biar nanti biar kita yang membutuhkan bisa mendownload langsung lewat link-nya.
    Terimakasih.

  13. tolong donk bagaimana cara mengubah database dbf ke mdb.tolong banget ya

  14. bagaimana caranya membuat sql menjadi bendiri sendiri sebagai aplikasi

  15. contohnya seperti apa siy ?


Tinggalkan Balasan

Kategori

