Oleh: Rony Syahputra Nasution | Desember 10, 2008

Nilai dan Kesan dari Kemasan Sebuah Produk

venetaini merupakan catatan mengenai kesan pertama saya pada Veneta System (isi ulang tinta).
kemaren dipertengahan siang hari, saya memutuskan untuk mengisi tinta printer (black),
printer di rumah yang saya gunakan untuk menyelesaikan project2 pribadi saya.
Tinta black itu sebenarnya sudah hampir 1 minggu ini habis,
tapi masih bisa dihandle oleh tinta Color,
tapi lama kelamaan malah saya rasa tidak efisien dan efektif.

Ada 3 alternatif yang bisa saya lakukan untuk kasus ini :

ALT 1 : membeli cartridge baru (mahal).
ALT 2 : membeli tinta suntikan (seperti yang biasa saya lakukan).
ALT 3 : mencoba bantuan service cartridge Refill Center

atas pertimbangan :

1. cartridge kosong tinta black saya masih originil (belum disuntik).

2. banyak cartridge kosong yang original,
limbah dari event workshopnya IATMI Cirebon,
thanks for jajat,
atas ijinnya membolehkan saya untuk memulungnya.

3. Mencoba hal baru.
Singkat kata, akhirnya saya memutuskan untuk memilih ALT 3.
Kemudian saya langsung terpikirkan Veneta System,
sebuah usaha jasa service Cartridge Refill Center.

Mengapa Venata System ?

1. setahu saya di Cirebon hanya ada Veneta System.

2. pernah denger dari temen.

3. pernah baca profilnya dari harian lokal.

4. pernah lewat outlet yang dulu sebelum pindah (PGC).

5. website yang cukup up to date.

Siang itu kondisi cukup mendung,
sempat mengurungkan niat untuk pergi pada sore hari saja,
karena sebelumnya sempat saya hubungi CS Veneta lewat telepon bahwa pada hari kerja,
Veneta tutup jam 7 malem.

Tetapi karena bertepatan jam istirahat siang dan
antisipasi jika ternyata sore hari malah turun hujan seperti yang terjadi pada beberapa hari belakangan ini,
akhirnya saya memutuskan berangkat saat itu juga.

Saya dan motor kesayangan sudah meluncur ke arah perkotaan Cirebon,
mungkin karena siang itu mendung jadi terasa sejuk diperjalanan,
sungguh asyik perjalanan siang itu…sehingga tak terasa sudah sampai
di Jalan Pekalipan, Tempat Outlet Veneta yang baru.

Setelah memarkirkan motor di pinggiran trotoar, saya pun bergegas masuk ke dalam outlet.
dari luar outlet terlihat biasa saja, setelah membuka pintu utama, kesan yang pertama muncul adalah
kenyamanan yang langsung bisa saya nikmati, sejuuk.

Setelah berada di dalam outlet, saya pun duduk pada kursi yang disediakan,
beberapa saat petugas wanita menghampiri saya,

Petugas : ada yang bisa saya bantu ?

Saya : saya mau isi tinta printer canon IP1300, berapa harganya yah ?

Petugas : yang black 30 ribu dan 50 ribu untuk yang warna.

Saya : klo gitu saya mau ngisi yang warna black saja.

kemudian saya menyerahkan 1 cartridge black kosong kepada petugas tersebut, walaupun saya membawa 3 cartridge black dan 1 cartridge color.
singkat kata petugas tersebut memberikan sebuah form order kepada saya.
dan memberikan cartridge kosong kepada rekannya, seorang pria, mungkin teknisinya.

Saya : ini mbak uangnya.

Petugas : nanti saja mas ketika order selesai dikerjakan.

Saya : Ok. kapan saya bisa kemari lagi ?

Petugas : Ditunggu saja, sebentar kok mas.

Saya : Berapa lama, mbak ?

Petugas : +- 15 menit mas.

setelah +- 10 menit, teknisi tadi memberikan hasil uji coba print dari cartridge yang baru di isi ulang.

Teknisi : Pak, ini hasil print out nya.

Kemudian saya meneliti sejenak.

Saya : Ok, mas.
5 menit berselang, petugas wanita yang tadi, memberikan cartridge yang telah di isi ulang.
Saya : ini uang nya mbak.

Petugas : terima kasih. (sambil menerima uang dari saya).
kemudian petugas tersebut membuat bukti pembayaran (sepertinya sudah terkomputerisasi).
+- 1 menit berselang.
Petugas : Mas ini bukti pembayaran nya dan ini bukti pembayarannya. Mas tolong paraf disini.

Saya : Ok mbak.

Petugas : terima kasih mas atas kepercayaannya.

Saya : terima kasih mba.
saya pun keluar dari outlet dan bergegas ke kantor, karena jam ditangan sudah menunjukan pukul 12.10,
masih ada sisa waktu istirahat 20 menit lagi.

Lalu apa pelajaran yang bisa saya ambil dari kesan pertama saya berkunjung pada Veneta System :
1. Sistem Prosedur Operasional.
Sistem prosedur operasional yang dijalankan cukup baik oleh pekerjanya sehingga menimbulkan kenyamanan bagi konsumen.

2. Mengemas Produk (tinta).
Bagaimana Veneta mengemas produknya dengan kelengkapan yang diberikan,
mulai dari kelengkapan surat order, kuitansi, dus cartridge, pemberian brosur dan sebagainya,
membuat konsumen merasa dilayani bagai konsumen executive class,
walaupun dengan order paling minim.
Memang jika kita melakukan isi ulang dengan suntik sendiri,
30 ribu bisa untuk beberapa kali,
tapi dengan pelayanan serasa executive class layak untuk dicoba,
terlebih jika keuangan tidak mepet.
Walaupun mungkin dari kualitas tinta tidak jauh berbeda dengan tinta suntikan sendiri hehe.

3. Tempat Kerja (outlet) Nyaman.
Outlet nya simple dan rapi tapi membuat nyaman dan sejuk,
walaupun kondisi diluar outletnya agak sedikit tidak “nyaman”.
wah jadi pengen punya kantor kaya gini…kapan yah ?

jadi kesan pertama saya pada Veneta System Cirebon adalah cukup memuaskan, pengaruh cuaca mendung  ??  ^_^

kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya (mudah-mudah) tetap baik. Semoga.


Tinggalkan Balasan

Kategori

