Oleh: Rony Syahputra Nasution | Desember 22, 2008

Buku Versus Ebook

Kemaren ga sengaja liat iklan tentang Buku Sekolah Elektronik (BSE),
jadi langsung kepikiran untuk bandingin BSE (ebook) dengan format buku yang ada dari dulu,
buku konvensional (tercetak).

buku konvensional (tercetak) dan buku elektornik/digital (ebook) adalah sama jika dilihat dari segi isi atau tujuan.
berbeda mungkin jika kita melihat dari hal “bentuk” atau kemasan.

buku_n_tempatnyayang satu dalam bentuk print out,
satu lagi dalam bentuk file.

buku “konvensional” bisa dibaca tanpa membutuhkan apa2 (asal ga buta huruf aja ^_^),
sedangkan ebook butuh perangkat bantu seperti komputer, PDA, HP, atau pun ebook reader.

saya menyimpan beberapa buku “konvensional”  saya dalam lemari buku,
dan saya sudah kebingungan jika saya beli buku baru lagi (^_^),
sedangkan “jutaan” ebook (^_^) saya yang di simpan dalam sebuah harddisk portabel,
dimana harddisk itu saya simpan di tas kesayangan saya.

ebook_n_tasnyaEhmm keluar jalur bentar, bicara masalah tas kesayangan,
tas harddisk ini adalah salah satu tas kesayangan saya,
tas yang sangat cocok buat 2 buah harddisk saya,
tas merk Exsport ini terdiri dari 2 “kantong”,
kantong besarnya pas bgt buat simpan 2 buah harddsik,
kantong kecilnya pas buat simpan 2 buat kabel USB HD.
walaupun saya yakin jika tas ini tidak di desain untuk HP portabel.

Kembali ke buku konvensional dan ebook, jadi mana yang unggul ?
jika menurut saya,
pada saat ini ya masing2 ada “kepentingan” tersendiri,
walaupun mungkin menurut saya,
ke depan ebook akan memegang peranan penting,
menggantikan buku konvensional ???

 
Salam dari Cirebon
Rony Syahputra N


Responses

  1. yang jelas sih ebook juga butuh komputer.agak kurang bebas sih bacanya.menurutku lho…^_^

    • mungkin ya jika kondisinya sekarang, tapi dengan melihat perkembangan perangkat seperti NetBook, PDA, HP dan sejenisnya, mudah2an ke depan bisa menjadikan perangkat tersebut menjadi terjangkau dari segi harga.

      Jadi dengan perangkat sejenis itu, kan ga susah lagi baca ebook, ga mesti nyalain PC yang gede dan boros energi lagi hehe.

      arsiparis, lam kenal yah ^_^.


Tinggalkan Balasan

Kategori

