Oleh: Rony Syahputra Nasution | Januari 29, 2009

Pertanyaan Seputar Sistem Pakar

Nyaris sudah 2 bulan terakhir ini,
saya menerima banyak pertanyaan yang kurang lebih point utamanya sama,
yaitu pertanyaan seputar sistem pakar,
pertanyaannya secara garis besar seperti ini :

1. Apakah sistem pakar harus menggunakan database ?
2. Bagaimana Menilai sebuah aplikasi termasuk sistem pakar ?

Awalnya saya pribadi juga heran,
karena pertanyaan ini,
ditanyakan oleh orang yang berasal dari dari berbagai latar belakang,
dari yang awam sampai yang mahir,
dari mahasiswa, praktisi IT hingga pekerja kantor-an bahkan dosen.

Mengapa tiba2 mempertanyakan masalah ini,
padahal menurut saya sistem pakar “belum” populer,
terkecuali pada kalangan mahasiswa atau praktisi IT.

Atau mungkin saja di negeri ini,
sudah penuh dengan orang pintar (dibaca : pakar),
walaupun orang yang baik, benar dan jujur susah nyarinya,
contohnya dalam dunia politik kita,
lah kok jadi lari ke politik hehe.

Kembali ke topik awal,
megenai pertanyaan seputar sistem pakar,
saya sebagai seorang yang masih belajar,
hanya dapat membantu atau menggambarkan,
hasil dari pembelajaran saya dari beberapa referensi.

Begini jawaban singkat saya :

1. Apakah sistem pakar harus menggunakan database ?

sistem pakar harus memiliki database atau dalam bahasa indonesia,
dikenal dengan basis data atau bisa disebut sebagai media penyimpanan.
untuk saat ini media penyimpanan dapat diimplementasikan pada 2 media,
yaitu penyimpanan berbasis konsep DBMS dan berbasis FILE.

Penyimpanan berbasis konsep Database Management System (DBMS),
diterapkan dengan menggunakan produk yang mendukung konsep DBMS,
seperti MySQL, Oracle, SQL Server, PostgreSQL, dan lain sebagainya,
sebagai sarana media penyimpanannya.

Penyimpanan berbasis konsep FILE,
diterapkan dengan menggunakan file dalam media penyimpanannya,
seperti pada txt, log, xml,dat dan lain sebagainya,
sebagai sarana media penyimpanannya.

Kesimpulan :
Sistem pakar harus memiliki database atau basis data,
yang digunakan sebagai base pengetahuan dari sistem pakar,
base pengetahuan merupakan salah satu komponen dari struktur sistem pakar,
yang terdapat pada lingkungan pengembangan (development environtment),
dari struktur sistem pakar.

 

2. Bagaimana Menilai sebuah aplikasi termasuk sistem pakar ?

Untuk mengatakan apakah sebuah aplikasi komputer termasuk sistem pakar,
dapat kita cek dengan 2 tahapan,
tahapan teknis dan tahapan moral.

Tahapan teknis dapat kita nilai dari struktur sistem pakar,
struktur sistem pakar memiliki 2 bagian atau lingkungan utama,
lingkungan konsultasi (consultation environtment),
dan lingkungan pengembangan (development environtment).

Dalam struktur sistem terdapat beberapa komponen utama,
yang terletak pada kedua lingkungan,
lingkungan konsultasi dan pengembangan,
dimana komponen-komponen ini merupakan ciri dari sistem pakar.

Komponen-komponen utama tersebut adalah :
1. pemakai atau user (USER),
2. antar muka atau GUI (AM),
3. fasilitas penjelasan (FP),
4. aksi yang direkomendasikan (AR),
5. mesin inferensi (MI),
6. workplace (WP),
7. perbaikan pengetahuan (PP),
8. pakar (P),
9. proses akuisisi pengetahuan (AP),
10. knowledge engineer (KE),
11. base pengetahuan (BP).

struktur_sistem_pakar 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dengan cara membandingkan struktur sistem pakar,
terhadap aplikasi komputer yang akan anda nilai,
maka akan diperoleh hasil yang menunjukkan apakah aplikasi tersebut,
termasuk kedalam sistem pakar atau bukan,
jadi jika sebuah aplikasi komputer tidak memiliki database (base pengetahuan),
apakah termasuk kedalam sistem pakar ?

Selain dari faktor teknis,
kita dapat menilai dari faktor moral,
adalah dengan menilai dari aplikasi komputer yang kita amati tersebut,
dengan mempertanyakan,
kepakaran (keahlian) siapa yang digantikan ?,
dan apakah kepakaran tersebut wajar dan pantas untuk diterapkan ?.

Kesimpulan :
Jadi sebuah aplikasi dapat dikatakan aplikasi sistem pakar,
jika sudah memenuhi persyaratan dari faktor teknis,
sedangkan faktor moral digunakan sebagai pengukur nilai kelayakan,
layak atau tidak diimplementasikan kedalam sebuah sistem pakar.

Jika ada kesempatan, mudah2an kita bisa membahas lebih detail mengenai sistem pakar ini.
 
CMIIW

Salam dari Cirebon,
Rony Syahputra N

 

 

Referensi : Dari berbagai sumber lain di internet, buku, majalah dan media lainnya.


Responses

  1. bhuuuu… sistem pakar, bo!!!! ^_^

    silakan… silakan… ntar aplikasinya digabung sama jaringan syaraf tiruan ya… kan keren tuuu…

  2. mas… boleh ajarin teknis databasenya gak yang bisa menampung aturan dan bagaimana cara membacanya.. saya renung-renungkan kok belum ketemu teknik yang keren..

    • yang terpenting konsep desain database untuk sistem pakar, sederhana dan handal… hubungan relasi nya juga tidak terlalu kompleks. Untuk lebih spesifik silakan hubungi JAPRI aja…via email atau YM. Terima Kasih.

      Aqge Priwibowo, salam kenal yah. ^_^

      • JAPRI ataupun YM nya mas, akhirnya saya sudah kelar mempelajari CF, bagus juga tapi kurang njlimet.. bayangan saya susah banget.. tapi baru juga tutorial…

        sekarang saya baca lagi ada yang namanya Variable-center intelligent rule, ini juga sistem pakar.. mas ron ada yang bisa di ceritakan tidak tentang ini…

      • hehe selamat yah….klo bisa di sharing dong..biar bermanfaat bagi orang banyak khususnya bangsa indonesia ini.

        saya dah lama juga ga ngoprek/focus tentang artificial intelligent, sistem pakar dan sejenisnya,

        cuma klo ga salah Variable-Centered Intelligent Rule System (VCIRS) menekankan pada keadaan sistem ini yang dapat “belajar” untuk meningkatkan kinerja sistem dari pengguna sistem selama pembangunan pengetahuan (melalui analisis nilai) dan penghalusan pengetahuan (dengan pembangkitan rule).

        klo ga salah dulu dapetnya dari Learning Center IT Telkom, coba deh ke http://www.ittelkom.ac.id/library/
        atau searching di google, kayanya banyak deh

  3. permisi mas numpang nanya……
    saya sekarang lagi membuat sistem pakar denagn berbasis web… untuk kerusakan mobil….
    saya pengen tau giamana konsep basis datanya…
    trima kasih……

    • Terima kasih sudah berkunjung,
      sudah saya kirim ke email GMAIL nya,
      semoga bermanfaat.

      Salam kenal dari Cirebon ^_^

  4. mas,,saya kan lagi TA membuat sistem pakar dengan judul ‘diagnosa penyakit asma dan gangguan pernafasan’,,tapi saya masih bingung dengan desain databasenya..bisa minta tolong mas,kira2 databasenya seperti apa?saya menggunakan metode forward chaining,(kalo bisa tolong dijelasin juga metode certainty factor)mohon bantuanya ya mas,,,trims
    diangga_informatika@yahoo.co.id

    • contoh desain DB untuk sistem pakar,
      sudah saya kirim via emailnya
      diangga_informatika@yahoo.co.id
      semoga bermanfaat

      Salam kenal Diangga ^_^

      • ass
        mas, saya kalau boleh saya minta juga dong mas contoh desain DB untuk sistem pakar
        ini alamat email saya
        galz_qyudtz@yahoo.com
        terima kasih sebelum’y
        wass (^^,)

  5. kebetulan sekali mas, saya juga sedang mengerjakan ta tentang sistem pakar dengan PHP dan postgresql menggunakan metode certainty factor.
    Sudilah kiranya mas berkenan mengirimkan kepada saya konsep basis datanya, terima kasih

    • Mas Sidik,
      sudah saya kirim ke email YAHOO nya

      Salam kenal dan terima kasih dah berkunjung dan serta meninggalkan komen ^_^

  6. mas, saya sedang mengambil TA tentang sistem pakar. 2 hari ini saya terus berkutat bagaimana bentuk database yang optimal. Boleh saya minta contoh desain databasenya mas ? saya menggunakan php dan mysql.

    • “pepez” sudah saya kirim ke email gmail.

      Semoga bermanfaat,

      makasih dah berkunjung dan meninggalkan komen ^_^

      “pepez” salam kenal ^_^

  7. salam kenal mas, kalau boleh saya juga sedang buat TA tentang sistem pakar mengunakan php dan mysql, saya menggunakan inferensi backward dan forward chaining tapi saya masih bingung tentang certainty facktor bisa tolong dijelaskan ya mas. kirim ke email saya ya mas : mizwardn33pu@yahoo.com

    sebelumnya terimakasih

  8. mas maaf alamat email nya ada yang kurang mizwardn133pu@yahoo.com

  9. mas saya ingin nanya.. saya membuat TA tentang sistem pakar tentang personality test, bagaimana ya mengenai konsep databasenya & proses penelusurannya??? mohon tanggapannya ya mas..

  10. salam kenal Wale.

    personality test nya sendiri seperti apa yah ?

  11. Lam kenal,mas…
    Mas,kebetulan saya lagi nyusun ta tema sistem pakar juga,dengan metode cf.Banyak referensi yg sy baca tentang metode tsb,tapi knpa malah tambah bingung cos kyknya beda2 penggunaan rumus cf-nya.Boleh dishare gak,mas tutorial CF-nya dan untuk konsep database-nya gimana ya,mas???
    kirim ke email saya ya,mas ldgumay@gmail.com

  12. terima kasih dah berkunjung.

    ok, nanti say kirim ke email anda ^_^

    salam kenal

  13. Mas,,sy mw tanya lagi neh…Kalo metode Naive Bayes (probabilitas Bayes) bisa gak diterapkan untuk aplikasi Sistem Pakar diagnosa suatu penyakit,,n kira2 untuk kasus permasalahan penyakit yang seperti apa yang sesuai dengan metode Bayes ini.Kalo untuk penyakit THT,bisa gak ya,mas????
    Sekalian,mas…Kalo ada koleksi tentang metode Bayes ini share ya ke email saya…buat perbandingan dengan certainty factor…

    Makasih ya,,,mas…

  14. salam kenal mas…
    kebetulan TA saya mengangkat masalah sistem pakar dengan certainty factor untuk penyakit ginjal.
    saya bingung berat dengan konsep database sama perhitungan kalau terdapat lebih dari 2 gejala. saya boleh minta konsep database ma tutorialnya mas?? mohon bantuannya ya mas…
    terima kasih….
    faisalsphere@gmail.com

  15. salam kenala mas,,, saya lg nyusun TA, tapi tersendat di penggunaan m’tode CF, banyak materi yang didowload, tp ga ngerti cara menentukan nilai yang dimasukkan dalam rumus CF.. TA saya tidak menggunakan tingkt kepercayaan dari pakar… mohon bantuannya…..

  16. mas,,saya lagi buat TA membuat sistem pakar dengan judul
    ‘aplikasi sistem pakar mengetahui gejala penyakit dengan melihat telapak tangan(reflexiologi)’,,
    tapi saya masih bingung dengan desain databasenya..
    bisa minta tolong mas,kira2 databasenya seperti apa yaa???saya menggunakan metode forward chaining..
    makasii ya mas…

  17. mas,,saya lagi buat TA membuat sistem pakar dengan judul
    ‘aplikasi sistem pakar mengetahui gejala penyakit dengan melihat telapak tangan(reflexiologi)’,,
    tapi saya masih bingung dengan desain databasenya..
    bisa minta tolong mas,kira2 databasenya seperti apa yaa???saya menggunakan metode forward chaining..
    makasii ya mas…
    v_v_villosa@yahoo.co.id

  18. mas saya sedang buat TA ni skrg,ttg diagnosa penyakit anak berbasis web.
    tapi saya masih bingung dengan desain databasenya..
    bisa minta tolong mas,kira2 databasenya seperti apa yaa???saya menggunakan metode forward chaining..
    makasii ya mas…
    Boleh saya minta contoh desain databasenya mas ? saya menggunakan php dan mysql.

    • sudah dikirim via email.

    • Boleh saya minta contoh desain databasenya bro yang dikirim pak roni ? saya menggunakan php dan mysql..

  19. Assalamu’alaikum.
    pak, saya saat ini sedang TA mengambil judul tentang sistem pakar diagnosis penyakit kucing menggunakan metode bayesian.

    Bagaimana kira2 konsep databasenya??
    Jika sekiranya bpk memiliki bahan2 ttg metode bayesian ini, sudilah kiranya untuk dishare, he he. Sebagai tambahan referensi saya. ^_^

    Terimakasi sebelumnya pak.

    • Wa’alaikumsallam

      salam kenal Safa,
      untuk bahan tambahan yah..
      yang sudah Safa miliki seperti apa ? jgn2 sama lagi hehe

  20. salam kenal mas.. bisa kirim kan referensi dan contoh program beserta database untuk sistem pakar yang ada ga? o iya klo bisa pake program visual basic ya.. soalny yang saya tekuni di bahasa program itu aja.. hehehe…
    thanks..

  21. pak saya rencanaya mau buat TA mengenai sistem pakar detyeksi suatu penyakit dengan menerapkan metode naive bayes untuk menghitung probabilitasnya namun saya menemui kendala mengenai penerapan bayes pada sistem pakar
    boleh minta materi pa menegnai penerapan bayes pada sistem pakar

  22. mas, saya lagi skripsi mau buat sistem pakar untuk mendeteksi penyakit down syndrome, kira2 bagusnya memakai metode apa?
    menurut dosen saya bagus jika menggunakan dua metode yang saling melengkapi, misalnya metode rule based dengan bayesian .
    tapi dosen tidak menjelaskan secara spesifik.
    mohon bantuannya untuk metode saya baiknya gimana.
    ini email saya : mayangayulestari@gmail.com
    dan ini id ym saya : moy_0107
    terimakasih sebelumnya

  23. salam kenal,mas,saya mau tanya…
    sekarang sedang mbuat skripsi ttg sistem pakar untuk diagnosa penyakit dengan php dan mysql, dengan metode forward chaining…
    saya masih bingung bgmn caranya…
    tolong y,mas…mksih

  24. mas..
    ini saya mengerjakan TA dengan menggunakan metode forward chaining…saya mau tanya,,apakah metode forward chaining bisa digabung dengan metode yang lain..?
    klo bisa dengan metode apa saja forward chaining bisa digabungkan.??

    mohon dijawab ya mas…n tlg jg kirim tutorialnya jg klo ada… ^_^

    Trims….

    ini email saya (aik_rustiqi@yahoo.co.id)

  25. salam kenala mas,,, saya lg nyusun TA tentang diagnosa penyakit otak dan saraf manusia, tapi tersendat di penggunaan m’tode CF degn penelusuran forward chaining dan basisdatanya, banyak materi yang telah saya dowload, tp ga ngerti cara menentukan nilai yang dimasukkan dalam rumus CF.. mohon bantuannya mas untuk diberikan contoh tutorialnya, saya menggunakan php & mysql…terima kasih….
    ( irmasepfindo@yahoo.com )

  26. Salam Kenal Pak, saya rencana ingin membuat aplikasi sistem pakar diagnosa penyakit ginjal menggunakan IDE java netbeans dan mysql. saya masih kurang paham untuk konsep databasenya. Apa saya bisa minta konsep databasenya Pak?
    Terima Kasih

  27. salam pak,, saya ingin membuat sistem pakar dengan judul ‘diagnosa penyakit diabetes dengan php dan mysql’,, tapi saya masih bingung dengan desain databasenya.. bisa minta tolong pak,kira2 databasenya seperti apa? saya juga menggunakan metode forward chaining n yang lebih penting lagi mohon dijelaskan juga masalah certainty factor nya pak,, mohon bantuannya,, ini email saya : imaginary_ran@yahoo.com

    terimakasih sebelumnya

  28. Saya ucapkan terima kasih telah berkunjung ke blog dan berkomentar di blog saya. Mohon maaf saya baru merespon, karena memang akhir2 ini saya kurang optimal dalam mengelola blog ini.

    Mengenai topik ini, sudah cukup lama saya tidak “bermain” dengan sistem pakar ini, perlu waktu untuk menata kembali file2 referensi yang saya miliki, yang entah sekarang ada dimana hehe

    Mungkin lebih efektif dan efisien, jika mengubungi kepada teman2 yang pernah saya share pada topik ini.

    Sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan permohonan maaf ^_^

  29. mas, ada contoh program sistem pakar ga?
    mohon di bantu mas, soal na saya lagi bingung di database nya..
    punya saya sistem pakar penyakit mata….
    saya ada dapat contoh database sistem pakar motor tapi ga bisa saya terapkan , soalnya setiap pertanyaan nya ada jawaban, sedangkan punya saya beberapa pertanyaan baru ada jawabanny…
    mohon pencerahannya mas..
    kalo bisa pake access yah, soal saya bingung menguhungkan relationship na
    email saya ;
    abc_open2007@yahoo.com
    tq mas

    • japri aja mas, atau sampeyan kirim ke email saya, nanti saya reply sample databasenya,

      terima kasih sudah berkunjung ^_^
      salam kenal

  30. wieeehhh…
    ternyata mas ini pecinta MU juga ya mas..
    saya juga mas.,

    mas saya lgi buat aplikasi sistem pakar mendiagnosis kerusakan komputer..
    dan saya blum tau mas metode yang di pakai kira” apa ya mas??
    sama konsep database yng di pakai???
    mohon pencerahan’a ya mas…
    klo ada waktu luang tolong kirim ke e-mail saya ya mas..
    iiadho@gmail.com

    terimakasih mas….

    Glory..Glory..
    MANCHESTER UNITED,.
    hehe..🙂

  31. Assalamu’alaikum…
    Mas, metode naive bayes itu bisa g’ digunakan dalam sistem pakar diagnosa penyakit tanaman cabai ?

    Kalau bisa, bagaimana kira2 konsep databasenya Mas ?

    Terimakasi sebelumnya Mas…

  32. selamat siang mas, saya masih bingung dengn penggunaan rumus cf di VB 6.0, skripsi saya “sistem pakar diagnosa penyakit gigi dengan metode CF”. bagaimana sebaiknya dalam tampilan program agar Cf mudah diihtung? karena program saya berisi inputan CF gejala dari user… harap bimbingannya… terima kasih

  33. permisi mas
    saya sekarang sedang TA tengtang Sisten pakar menentukan jenis dan dosis obat
    saya pengen tau giamana konsep dari databasenya, klo mas berkenan bisa ga kasih kasih contoh konsep databasenya,,,

    mohon bantuannya,, ini email saya crazkom@gmail.com

    • Craz, terima kasih telah berkunjung dan salam kenal,

      dah lama saya ga fokus ke sistem pakar, saya lupa file2 nya saya simpan dimana,
      silakan hubungi sama teman2 yang komen di awal2 postingan ini,
      dulu saya pernah sharing, barangkali teman2 itu masih menyimpan atau malah telah di modifikasi menjadi lebih bagus lagi.

  34. mas, kebetulan sy lg ta bkin sistem pakar menggunakan php, bisa ga mnt cnth krmin konsep database’y dan proses penelusuran’y… mksh..

    • Zhe, terima kasih telah berkunjung dan salam kenal,

      dah lama saya ga fokus ke sistem pakar, saya lupa file2 nya saya simpan dimana,
      silakan hubungi sama teman2 yang komen di awal2 postingan ini,
      dulu saya pernah sharing, barangkali teman2 itu masih menyimpan atau malah telah di modifikasi menjadi lebih bagus lagi.

  35. mas,,saya lagi buat TA membuat sistem pakar dengan judul
    ‘aplikasi sistem pakar kerusakan pada printer ’,,
    tapi saya masih bingung dengan desain databasenya..
    bisa minta tolong mas,kira2 databasenya seperti apa yaa???saya menggunakan aplikasi VB…
    makasii ya mas…
    v_v farby@yahoo.com..

  36. mas,,saya lagi buat TA membuat sistem pakar dengan judul
    ‘aplikasi sistem pakar kerusakan pada printer ’,,
    tapi saya masih bingung dengan desain databasenya..
    bisa minta tolong mas,kira2 databasenya seperti apa yaa???saya menggunakan aplikasi VB…
    makasii ya mas…
    v_v farby28@yahoo.com..

  37. mas,,,,,saya mau belajar buat sistem pakar
    minta bahan’a mas sama contoh program sistem pakar
    faisalabda39u@yahoo.com

  38. ass…
    mas bisa kirim contoh database sistem pakar dengan menggunakan php dan mysqlnya
    sebelumnya terima kasih ditunggu mas
    salam kenal
    gabriel_89@ymail.com

  39. mas,saya lagi TA saya mengambil judul ttg sistem pakar menggunakan certainty factor,masalah saya bingung dalam memilih rumus certainty factor awalx saya sudah menggunakan salah satu rumus tapi dosen menyuruh ganti dengan rumus cf yang lain dan saya bingung dengan rumus yg lain mohon pencerahannya???in email saya tanpopo_minie90@yahoo.co.id

  40. ass…
    mas ado contoh database sistem pakar penyakit menggunakan metode forward chaining berbasis php n mysql g mas
    tolong kirim ke email saya ya mas cuca89@ymail.com

  41. Ass..
    Mas Bisa minta contoh program sistem pakar CF nya..??
    tolong kirim kan ya mas ke Ardye_v1989@yahoo.com

  42. Askum.. Master Pakar…🙂
    gni… sya ne gy ngrjain Skripsi SisKar tntg diagnosa kerusakan komputer mnggunakan metode Bayes.. brbasis web..
    klo blh mnta saran dn masukan tntg Konsep DBMSnya sprti ap ya,,??

    Thank’s before. . .:)

  43. mas sya mintak tolong diajari algortima dari metode certainty factor. dan bagaimana jika diaplikasikan ke php?mohon dikirm ke email: nafik_unisla26@yahoo.co.id

  44. Salam Kenal…
    Saya mw nanya klo membandingkan CF dgn Bayes apa yang dibandingkan dan berdasarkan apa???
    Terima kasih..
    hizzmie@gmail.com

  45. Assalam..
    Mas Bisa minta konsep desain database beserta CF nya? klo ada contoh program saya sangat berterimakasih .

  46. mas saya mau tanya untuk penelusuran pertanyaanya itu gmana yaw???
    bingung nie…
    bisa kasih contohnya gak???
    makasih sebelumnya…
    Andreas,

  47. salam kenal bang…….
    ku mau buat sistem pkar tanaman sagu….tapi ku masih bingung metode yg akan digunakan..
    bisa kasih bantuannya gk metode apa yang bagus dan mudah??
    makasih seblumnya bang……

  48. salam kenal, mas saya kan lagi proses TA membuat sistem pakar dengan judul “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Telinga Hidung Tenggorokan Pada Manusia Menggunakan Metode Certainty Factor”
    tapi saya masih bingung dengan desain databasenya..bisa minta tolong mas,kira2 databasenya seperti apa?
    saya menggunakan metode forward chaining,(kalo bisa tolong dijelasin juga metode certainty factor)
    mohon bantuanya ya mas.. Terima kasih
    ini email saya : eanggraini@ymail.com

  49. salam kenal mas.
    saya lg nyusun skripsi ttg sistem pakar dengan metode certainty factor.
    pakek vb 6.
    tpi saya bingung buat program ny.
    mintak tolong solusi ny mas
    kirim ke email saya: barus.erick@yahoo.co.id

  50. maaf mas, ada contoh perhitungan sistem pakar diagnosa penyakit menggunakan naive bayes? kalo ada pakai excel mas. karena saya coba memahami langkah2 penerapan teorema bayes nya masih belum mengerti. mhon pencerahannya mas…
    email saya : boedhiex@gmail.com
    thanks ya mas…

  51. mas salam kenal
    saya boleh minta juga contoh desain database untuk sistem pakar?
    saya mebuat sistem pakar dengan metode teorema bayes,klo ada contoh metode itu boleh saya mass ..terimakasih mas

  52. Pak, saya juga maulah dikirimkan module-modulenya. Dengan forward chaining sudah ketemu kesimpulannya namun saya sendiri masih ragu dengan keakuratannya. Untuk itu mau saya kombinasikan dengan metode Certainty Factor agar lebih meyakinkan. Email saya: ahradg@gmail.com. Mohon segera ditanggapi Pak. Terimakasih banyak sebelumnya.

  53. Assalamualaikum pak, saya mau bertanya,,, apakah sistem pakar dengan metode teorema bayes harus menggunakan pohon penelusuran?
    lalu apakah bentuk pertanyaan harus menggunakan output ya/tidak dan tidak bisa menggunakan sistem ceklis…
    atas tanggapan bapak saya ucapkan terimakasih,

  54. mas rony,, saya kan sedang skripsi tentang sistem pakar diagnosa penyakit tolong minta contoh referensi tentang desain database,,,
    .
    kirim ke email saya: raiynbbyachmad@gmail.com
    terima kasih ms

  55. selamat sore mas..
    mohon dibantu mas, saat ini saya sedang dalam pengerjaan tugas akhir, saya masih sedikit bingung dengan pembuatan database untuk sistem pakar kerusakan mobil.
    minta contoh untuk refrensi database kerusakan mobil ya mas. terimakasih.
    email saya: haryonoy89@gmail.com

  56. Mas rony saya lgy skripsi ambil judul sistem pakar basis web diagnosa pada penyakit diabetes militus. Minta refrensi atau tutorial. Konsep desain database yah, ini alamat email saya:
    Faizalandriansah@gmail.com
    Sblumyah terimakasih banyak


Tinggalkan Balasan

Kategori

