Oleh: Rony Syahputra Nasution | Februari 18, 2009

Konversi

konversi3Dua hari kemaren dihabiskan masalah konversi,
bagaimana membuat “tool” konversi yang cepat,
yang berasal dari file TXT, DAT, LAS, LOG,
hasil output sebuah software mahal,
outputnya sendiri tidak kurang dari 36825 record/file.

Pada beberapa waktu lalu,
saya mengerjakannya dan menghabiskan waktu sekitar 5 hari,
dengan menggunakan Ms. Excel 2003.

Oleh sebab itu ketika awal minggu ini menghadapi kasus serupa,
saya ingin lebih cepat dalam mengkonversi data-data tersebut.

Saya pun mencoba meng-implementasikan ke dalam sistem database,
akhirnya dapat mempersingkat waktu kerja meng-konversi data,
kira2 menjadi +- 1 jam saja.

Kemudian masalah yang timbul adalah pada nilai User friendly,
tidak semua pengguna familiar bermain dengan database.

Saya pun mencoba mengkolaborasikan sistem database tersebut,
dengan bahasa pemograman,
untuk menghasilkan “tool” yang user friendly.

Masalah pun timbul ketika file tersebut (TXT, DAT, LAS),
memiliki kapasitas diatas 2 MB,
loadingnya menjadi lambat ,
dan hasilnya tidak semua record tersimpan dalam database.

Terpaksa “tool” tersebut,
untuk sementara ini tidak bisa saya launching hehe,
jadi saat ini terpaksa main sepenuhnya dengan database,
dan hanya saya saja yang bermain di dalamnya ^_^.

Sayang sekali, tp tidak masalah,
mungkin dengan seiringnya waktu,
saya dapat menjadikan “tool” tersebut lebih baik lagi.

Yang penting sekarang saat konversi,
mata ga merah lagi,
gara2 melihat angka2 yang banyak ^_^.


Tinggalkan Balasan

Kategori

