Oleh: Rony Syahputra Nasution | Maret 12, 2009

Pengurutan DESC Pada List Tabel

Ceritanya lagi bantuin temen,
membuat sebuah modul dari aplikasi,
yg katanya bernilai ratusan juta (jgn lupa bagian saya hehe).

Dimana pada modul aplikasi tersebut,
terdapat fasilitas untuk melihat table2,
yang telah dibuat secara otomatis oleh sistem aplikasi,
tampilan di sajikan secara urut dengan konsep DESC.

Pertama dibayangin siy gampang ah hehe,
paling ga jauh beda sama field,
pake ORDER BY gitu.

Langkah awal adalah dengan menampilkan table,
pake SHOW TABLES FROM db_name;
dimana nama tabel yang dihasilkan saya setting,
dengan menambahkan parameter tanggal dan waktu pembuatan,
biar jadi identitas yang solid dan pasti.

Singkat kata berhasil menampilkan table2 yang ada,
karena masih default maka urutan nya ASC,
dalam pikiran saya ah gampang,
tar tinggal di kasih properti ORDER BY … DESC,
pasti urutannya berubah jadi DESC.

Setelah mencoba dengan bermacam variasi,
saya tetap tidak bisa menampilkan urutan secara DESC,
membuka ebook dan manual PHP, MySQL dan database lainnya,
tetep ga ketemu, hiks…hiks…

Tiba2 inspirasi datang,
gimana klo list tersebut di masukkan kedalam file text,
atau ke dalam sebuah field dari table.

Berhasil tapi lama kelamaan malah berpikir
aplikasi kayanya malah ga praktis,
jadi boros prosedur (sok tau ya hehehe).

Kemudian iseng2 konsultasi ma master,
kebetulan mas Goku (dibaca : Novarli),
memberi statment.

Klo emang tidak ada query buat mengurutkan list table,
tapi dia menyarankan menggunakan array,
aha….kenapa tidak terpikir dari tadi,
lagi2 array, konsep basic dan fundemental,
yang tidak terpikirkan,
oleh saya, emang dasar programmer copy paste hehehe ^_^.

Wah akhirnya dengan menggunakan array,
dapat diimplementasikan dengan baik,
dibandingkan menggunakan file text dan field.

Berikut kutipan singkat code nya :

  $NamaTable = array();

  while($row = mysql_fetch_row($result))
  {
   array_unshift($NamaTable, $row[0]);
  }
    
  foreach($NamaTable as $ListTable)
  {
   echo $ListTable;
  }

 
Semoga Bermanfaat,
Salam dari Cirebon,
Rony Syahputra N


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: