Oleh: Rony Syahputra Nasution | September 21, 2009

Pengenalan Singkat AJAX

Secara umum, ketika client (user dan web browser), mengirim permintaan (request) suatu halaman web, server akan menangani permintaan tersebut, kemudian server akan mengirim data yang diminta tersebut kepada client. Client kemudian akan mengambil (load) data, dan mengatur ulang tampilan pada web browser sesuai dengan permintaan. Untuk setiap pemintaan, proses ini akan berlangsung berulang-ulang.

ajax1

 

 

 

 

Ajax (Asynchronous JavaScript And XML) adalah satu unsur untuk membuat Rich Internet Applications (RIA). Pada RIA kita akan memperoleh aplikasi web “mirip” seperti aplikasi desktop. Dengan aplikasi web yang mendukung Ajax, dimana proses mengambil (load) dari permintaan suatu halaman, akan ditangani di belakang layar.

ajax2

 

 

 

 

Dimana web browser di sisi client dapat melakukan proses pembaruan (update) tanpa diketahui oleh user tentang proses permintaan dari server, dalam mengunduh (download) suatu data. Hal ini dapat dikatakan tanpa proses loading page pada setiap permintaan ke server yang dilakukan oleh client.

Singkat kata, Ajax menyediakan pengalaman yang menyenangkan, layaknya aplikasi desktop di sisi server seperti fasilitas drop and drag, auto suggestion dan lain sebagainya pada web.

Ajax pada kenyataannya tidak berdiri sendiri. Ajax merupakan kombinasi dari beberapa teknologi web antara lain : (X)HTML, CSS, JavaScript, XML, PHP (atau bahasa server side lainnya), MySQL (atau database lainnya), dan SQL, dan beberapa teknologi lainnya yang tidak disampaikan disini.

Inti dari Ajax adalah JavaScript, dimana terdapat objek yang disebut XMLHttpRequest. Objek XMLHttpRequest menyediakan fasilitas fungsi dalam menciptakan aplikasi web dengan Ajax.

Demikian singkat mengenai Ajax, memang banyak hal yang belum diangkat, namanya juga pengenalan singkat hehe ^_^

Untuk memudahkan pemahaman, kedepan insya allah akan disajikan dalam bentuk praktek ^_^

Semoga bermanfaat.

Salam dari Cirebon,
Rony Syahputra Nasution.

Referensi :
Larry Ullman, Building a Web Site with Ajax, 2008, Peachpit Press.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: