Oleh: Rony Syahputra Nasution | November 5, 2009

Memahami Keys di MySQL

Keys adalah bagian spesial dari data yang dapat menolong untuk identifikasi sebuah baris (record/row) dalam sebuah table. Dalam database, sebuah baris (record/row) biasa disebut juga record sedangkan setiap kolom biasa disebut fields.

 db

Dimana terdapat 2 tipe keys yang dapat digunakan, yaitu : primary dan foreign. Primary key ada identitas unik yang mengacu pada aturan tertentu, yaitu :

1. Harus memiliki nilai (tidak dapat bernilai kosong atau NULL).

2. Mempunyai nilai yang tetap/sama (tidak diubah-ubah).

3. Mempunyai suatu nilai yang unik untuk setiap record (row) dalam table.

ID/No KTP bisa dijadikan contoh dari primary key, walaupun secara prakteknya di Indonesia masalah system penomeran KTP masih belum baik (belum menggunakan konsep 1 orang hanya 1 ID).

Tipe kedua dari key adalah foreign key. Foreign key adalah representasi dalam table B dari primary key table A. jika anda memiliki database tentang sepakbola dengan table klub dan pemain, primary key dari table klub dapat dihubungkan sebagai foreign key dalam table pemain. Untuk mendapatkan hasil yang baik dapat menggunakan proses normalisasi.

Saat ini, MySQL hanya mendukung foreign key ketika menggunakan InnoDB storage engine (database storage engine yang dikembangkan oracle). InnoDB terdapat pada MySQL 5. Akan tetapi jika kita menggunakan database storage engine MyIsam (versi sebelum MySQL 5) kita tetap bisa menerapkan walaupun secara design teoritis.

MySQL hanya mengijinkan untuk 1 (satu) primary key pada setiap table, meskipun anda dapat membuat sebuah primary key dari multiple columns (fields). Pada kasus ini, kombinasi dari nilai (value) pada multiple columns harus memenuhi 3 aturan, yaitu :

1. Nilai tidak bernilai kosong atau NULL.

2. Nilai tidak untuk diubah-ubah.

3. Nilai harus unik untuk setiap record (row).

Idealnya, primary key anda dalam bentuk tipe data INTEGER, dimana akan mendapatkan hasil yang baik dalam proses kerja MySQL.

Semoga Bermanfaat.

Salam dari Cirebon,
Rony Syahputra N

Referensi :
Larry Ullman, Visual Quickstart Guide MySQL Second Edition, 2006, Peachpit Press.


Responses

  1. […] Contoh Penggunaan Macam Index 1.Indentifikasi suatu field menggunakan PRIMARY KEY Dalam hal ini dapat dilihat pada posting Memahami Keys di MySQL. […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: