Oleh: Rony Syahputra Nasution | April 11, 2010

Fakta Seputar Proses Mencetak (Print) Di Kantor

Pasti anda tidak asing dengan aktivitas,
proses mencetak (print) dalam aktivitas bekerja,
terlebih yang menggunakan alat bantu,
perangkat komputer (IT).

Hari ini kebetulan ada waktu senggang,
daripada melamun di pojokan (seperti biasanya),
akhirnya saya isi dengan hobi terfavorit,
membaca hahaha.

Lagi baca majalah Info Komputer,
halaman 71 kebetulan ada artikel tentang,
Fakta Seputar Mencetak (Print)  di Kantor.

Berikut mengenai artikel tersebut,
yang saya sari dari,
majalah Info Komputer,
Edisi April 2010 Halaman 70 – 71.

30 % konsumsi listrik perangkat TI di kantor,
disumbangkan oleh printer,
mesin fotokopi dan mesin faksimile.

Penggunaan kertas di kantor,
naik 20 % setiap tahun.

Seorang pekerja,
biasa membuang 1.410 kertas cetakan,
setiap tahunnya.

Lebih dari 50 persen sampah kantor,
berbentuk kertas cetak,
fotokopi dan faksimile

10 -15 persen ,
hasil cetakan tidak diambil oleh pemiliknya

kerugian rata-rata akibat,
cetakan “tak bertuan” bisa mencapai,
425.000 dolar AS per tahun.

56 % pekerja berusia di atas 45 tahun,
mencetak informasi dari internet,
hanya untuk arsip mereka.

Nah, mungkin terlihat sepele kan,
tapi efeknya ternyata luar biasa.

Makanya sebelum memutuskan,
menggunakan media kertas (untuk data dan informasi),
ada baiknya diperhitungan dengan teliti.

Mungkin dari segi layout,
(penataan yang efektif & efisien, bisa menghemat kertas).

Atau mungkin dari segi warna
(bisa menghemat tinta & power)
dan sebagainya,
pokoknya lebih hemat hehe ^_^

Anda juga bisa,
menggunakan media lain,
seperti media digital.

Misalnya untuk penyampaian informasi,
bisa menggunakan website, katalog digital
dan sebagainya

Contoh lainnya,
adalah dengan mengimplementasikan,
perangkat lunak (software),
yang mampu mengelola dokumen anda.

Dimana dengan software ini,
proses mencetak dapat di minimalkan
atau dihilangkan sama sekali.

Anda ingin menerapkan contoh solusi diatas,
dan memerlukan bantuan,
silakan menghubungi saya
lah kok malah promosi…becanda dink..
tapi klo maksa apa boleh buat…hahaha… ^_^

Semoga Bermanfaat

Salam dari Cirebon,
Rony Syahputra Nasution.


Responses

  1. mantap info nya.
    tapi bos saya jarang mau versi soft je..maunya cetakan

    • mas, di coba sistem aplikasi yang user friendlly,
      buat ngelola dokumen nya,
      barangkali bisa lebih bermanfaat hihihihi…

      tapi ya bos….ikutiiin aja heehehe.

      Mas, salam kenal yo dari aku,
      di Cirebon.

  2. kapan ya aku punya web sendiri??? jangan mahal2 sie mas kalo buat aku, heuheu…

    • hehe eh ada mba Putri,
      pastinya teknologi membuat mudah dan murah ^_^
      tapi yg terpenting content yang ingin disajikan harus “siap” dulu ^_^

      btw klo butuh bantuan,
      tau no telp ku kan mba Put hehe.

  3. hiihihi.
    nambah wawasan nih..
    jadi tau fakta printer😀

    • semoga bermanfaat.

      Salam kenal yah ^_^
      dan terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: