Oleh: Rony Syahputra Nasution | September 3, 2010

Gara-Gara Plugin Ask

Seperti biasa,
sambil nunggu bedug magrib,
bercengkrama di depan kompie.

Kali ini, ga baca buku,
tapi ngoprek code,
tepatnya QC aplikasi web yang baru diselesaikan,
insya allah setelah lebaran publish ^_^

Seperti biasa,
saya mencobanya pada beberapa web browser,
sampe suatu ketika muncul masalah -_-

Ya, masalah muncul ketika,
mencoba dengan IE 8,
walaupun sebenarnya bukan masalah serius,
tapi tetap saja buat hati jadi ga sreg hihi.

Emang apa siy ?

Pada aplikasi web ini,
saya menyertakan fitur,
logout otomatis ketika 15 menit tanpa transaksi.

Sebagai informasi kepada user, saya memanfaatkan JavaScript,
yaitu dengan perintah alert,
yang dikombinasikan dengan window.location.href

Anehnya di IE 8 (dengan kondisi pada waktu itu),
message yang diharapkan tidak tampil,
tapi aplikasi tetap melakukan redirection ke page yang diinginkan.

Padahal jika diimplementasikan,
pada web browser lain, seperti FF, Opera, Safari,
message tampil (sesuai harapan).

Seperti yang saya katakan diatas,
bukan masalah serius,
tapi di hati tidak sreg….ah lebay hehe.

Karena ingin mendengarkan,
alunan ayat Al Quran,
maka sound di kompie pun saya aktifkan.

Setelah mendengarkan Al Quran,
hati pun sejuk,
jadi semangat kembali ngoprek code.

Sampai akhirnya pencerahan muncul,
ketika mencoba kembali fitur logout otomatis,
malah ada penampakan lain yg tidak disangka ^_^

Ya, pada kondisi dimana seharusnya message alert muncul,
justru suara bip..drrr
dan ketika diperhatikan seksama icon PopSwatter dari plugin Ask bergetar.

Awalnya, ga nyegh adanya plugin Ask,
perasaaan ga pernah installnya, dan dari mana siy datangnya,
setelah diselidiki ternyata bawaan dari Nero.

Dan ketika plugin Ask, dimatikan,
ternyata message alert keluar seperti yang diharapkan,
ternyata semua ini disebabkan plugin Ask,
padahal sempat kepikiran kalo terjadi incompetible versi JS dan sejenisnya.

Jadi inget, dulu pernah mengalami hal yang mirip,
jika dulu ketika OS Win XP diberi plugin,
yang membuat tampilan mirip Vista, Max OS atau Linux,
malah tidak bisa menggunakan file dll tertentu.

Ah, klo gini,
mesti hati-hati klo pakai plugin,
takut klo malah buat “panik” jika pas deadline gitu ^_*

Semoga Bermanfaat.

Salam dari Cirebon,
Rony Syahputra Nasution.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: