Oleh: Rony Syahputra Nasution | Agustus 16, 2011

Antara Chart, jpGraph dan Open Flash Chart

Chart adalah sarana yang paling manusiawi,
dalam membaca atau memonitor data,
jika dibandingkan dengan tabel data (dataGrid).

Dan media yang paling pas,
dalam mendistribusi data & informasi tersebut,
menurut saya adalah web base,
baik skala intranet maupun internet.

Bicara web base,
kita tidak bisa melupakan PHP,
sebagai bahasa dalam web programming yang paling populer,
serta open source walau kita harus bekerja “lebih kerja”
jika dibandingkan dengan menggunakan perangkat berbayar (proprietary).

Beruntung, pada PHP,
kita bisa dibantu dengan “paket” dari pihak ketiga,
termasuk dalam pembuatan chart ini,
seperti jpGraph, Open Chart Flash, FusionChart, dll.

Saya pertama kali melakukan pembuatan chart ini,
adalah sekitar pertengan tahun 2006,
saat itu menggunakan jpGraph.

Saat ini kebetulan saya,
membutuhkan kembali chart,
akan tetapi kali ini saya menggunakan,
Open Flash Chart sebagai alat bantu saya.

Bagus mana antara jpGraph atau Open Flash Chart ?

menurut pribadi saya tergantung kebutuhan,
jika “dituntut” kepada tampilan,
maka pilihan saya jatuh pada Open Flash Chart.

Open Flash Chart,
menghadirkan tampilan yang menarik,
dengan interaktif berjenis flash player,
yang berpusat pada file open-flash-chart.swf

Sedangkan jika “dituntut”,
kepada komleksitas data yang diolah,
saya masih memilih penggunaan jpGarph,
sebagai alat bantu saya.

Perbedaan mendasar antara keduanya,
menurut saya adalah pada perlakuan,
terhadap pengiriman variabel.

Pada jpGraph model pengiriman variabel,
seperti biasa saja,
sedangkan pada Open Flash Chart,
memberlakukan layaknya alamat URL,
dengan memanfaatkan konsep variabel tipe GET.

Ini semua memang sangat subjektif,
apalagi jika dibandingakan dengan,
paket2 lainnya, seperti Fusion Chart Dan sebagainya.

Jadi jangan sampai,
saya di cap sesat dan menyesatkan yah ^_^

Salam dari Kost,
Rony Syahputra Nasution.


Tinggalkan Balasan

Kategori

